Kelas Menulis Bapak Sri Mulyono

Apa kesulitan kalian dalam menulis?

“Menurut saya tulisan saya jelek ustadz”

Tidak ada tulisan yang jelek.

Untuk masalah penggunaan tanda baca, kita harus betul-betul teliti.

Pemilihan kata yang kurang tepat. Tulis saja dulu, berurutan, tidak boleh asal-asalan. Menulis tapi nggak nyambung, kurang fokus berarti. Saya menulis malam hari, abis subuh lanjut lagi menulis. Maka pilih waktu yang membuat kita fokus menulis.

“Dari diri sendiri males, suka bingung konfliknya apa, alur ceritanya bagaimana.”

Jangan malas menulis, untuk alur ceritanya bisa bikin planningnya apa, mulai dari kerangkanya, untuk judul itu bisa belakangan. Apa yang ada dipikiran kita langsung ditulis, ada ide-ide langsung tulis. Jangan nanti-nanti, kita kalau sibuk pada diri sendiri pasti terbengkalai, maka kita tulis, lebih penting lagi dibuatkan planning.

Mulai sekarang apa yang ada dipikiran kita tulis saja. Sebab manusia penyakitnya lupa dan banyak masalah, wajar, tidak perlu khawatir. Bikin tulisan berapa paragraf, nanti akan ustadz nilai. Kalau sudah bagus akan dikumpulkan, terserah mau bikin cerpen, novel, esai, bahkan dongeng.

Ketika kita kurang percaya diri dalam menulis, perlu adanya sinkronisasi pikiran. Dengan adanya karya, kita akan dikenal. Walaupun penulisnya sudah nggak ada, tetapi amal jariyahnya akan terus mengalir, ilmu yang bermanfaat, yang akan selalu dibaca orang, dan caranya dengan menghasilkan karya. Tidak perlu mengkhawatirkan tulisan kita jelek. Keluar dari kelas menulis ustadz, harus ada karya berupa buku. Ingin menulis buku sendiri nanti akan ustadz bantu. Boleh diskusi setelah kelas menulis ini selesai, jangan kelasnya sudah selesai, maka berhenti menulis, jangan seperti itu. Kalau mau konsultasi menulis, ustadz siap membantu.

Seperti itulah percakapan yang berlangsung di dalam Acara Kelas Menulis Bapak Sri Mulyono, M.M salah satu dosen IDAQU yang dilaksanakan di Perpustakaan. Dengan target, yaitu agar setiap peserta mampu untuk menulis dengan baik, serta mampu menghasilkan buku. Kelas dilaksanakan agar mahasiswa IDAQU memiliki semangat dan mtoivasi untuk menulis. Acara Kelas Menulis ini gratis, dan bertujuan agar mahasiswa bisa menuliskan karyanya sendiri. (Sabtu, 4 September 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *