Perkembangan Perpustakaan IDAQU Sesuai Tuntutan Zaman

Perpustakaan di era digital saat ini sudah mengalami perubahan fungsi dan tujuannya. Pada awalnya perpustakaan hanya berfungsi sebagai tempat meminjam buku yang berfokus pada koleksi. 

Banyak orang berpikir untuk apa ke perpustakaan, cukup buka handphone lalu menggunakan search engine, dan langsung mendapat literatur yang diinginkan. Dari situlah perpustakaan mulai kehilangan eksistensi.

Untuk bertahan dari terjangan teknologi, perpustakaan harus mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Tidak terpaku dengan naskah-naskah yang dicetak, namun perlu memiliki naskah digital sebagai suatu cara menarik perhatian masyarakat.

Seperti perpustakaan IDAQU yang sudah menggunakan sistem digital di perpustakaan.idaqu.ac.id/opac yang bisa diakses dan digunakan secara umum.

“Saya selaku pengelola perpustakaan, Alhamdulillah dalam kesempatan ini Perpustakaan Institut Daarul Qur’an Jakarta (IDAQU) sudah mulai melayani pengunjung perpustakaan baik secara online maupun offline, mahasiswa/i, serta sivitas akademika bisa menggunakan seluruh fasilitas yang ada di perpustakaan,” ujar Bapak Taryono, M.M selaku Kepala Perpustakaan IDAQU.

Perpustakaan IDAQU dapat menjadi ruang belajar, bekerjasama, berkolaborasi, yang utamanya ditujukan bagi mahasiswa/i yang ingin menyelesaikan tugas kuliah maupun mengembangkan diri dengan membaca buku. Oleh karenanya, perpustakaan wajib memberikan pelayanan yang mudah dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Menurut Bapak Taryono bahwa, “Perpustakaan sebagai wadah dari ilmu-ilmu terekam dalam buku, yang apabila kita membacanya, otomatis wawasan dan pengetahuan kita akan bertambah. Ditambah kami selaku pengelola perpustakaan IDAQU selalu berupaya untuk meningkatkan proses pelayanan agar pengunjung merasakan nyaman dan rileks dalam mengunjungi perpustakaan.”

“Perpustakaan IDAQU tempatnya nyaman, adem, free wifi, banyak buku-buku yang bisa kita baca, mulai dari hadits, pendidikan, agama, ekonomi dan lain-lain,” ucap Alifa, salah satu mahasiswa baru IDAQU yang sedang mengerjakan makalah di Perpustakaan IDAQU.

Source: Nugroho, Adi. 2021. Perpustakaan di Era Digital. https://idaqu.ac.id/2021/09/28/perpustakaan-di-era-digital/

Image Source: https://www.youtube.com/watch?v=RFl3BpjQCSg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *