Resensi Buku Tahfizh Al Qur’an

Mahfud Fauzi, PSP Nusantara Tangerang Press, 2019

Dr. Mahfud Fauzi, M.Pd. Menempuh pendidikan Magister di Universitas Muhammadiyah Malang dengan konsentrasi Kebijakan & Pengembangan Pendidikan. Menyelesaikan program Doktor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan konsentrasi Pendidikan Islam. Beliau merupakan dosen Institut Daarul Qur’an Jakarta, dan Sekolah Tinggi Islam Nahdlatul Ulama.

Buku berjudul Tahfizh Al Qur’an: Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang Banten merupakan tulisan ekstraksi dari disertasi penulis. Penelitian ini membahas mengenai Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang yang dalam hal pengelolaan bersifat modern tetapi tetap mempertahankan nuansa tradisional dalam pembelajaran tahfizhnya. Dengan kurikulum dan manajemen pada pembelajaran tahfizh, meski ada kegiatan di luar tahfizh, seperti kegiatan ekstrakurikuler, bukan berarti konsentrasi hafalan terpecah. Justru kegiatan tahfizh dapat terselenggara dengan baik serta mendorong para santri bukan hanya menghafal tetapi juga mengembangkan potensinya di bidang lain secara bersamaan.

Di dalam semarak gerakan menghafal baik di luar maupun di dalam pesantren, beragam masalah hadir dalam upaya melestarikan serta menjaga ayat-ayat suci Al-Qur’an melalui tradisi menghafal. Seperti belum optimal penyimpanan hafalan di memori. Kemudian banyak yang telah menghafal namun secepat itu pula hilang hafalannya. Ditemukan kesusahan dalam melanggengkan hafalan agar tidak berhenti menghafal. Masalah tersebut berusaha dijawab dengan konteks kurikulum terencana serta manajemen pembelajaran yang terarah dan terorganisir.

Sebuah lembaga tahfizh perlu untuk mempersiapkan kurikulum tahfizh yang nanti akan digunakan untuk pembelajaran santri dan mencapai target yang diinginkan. Kemudian kurikulum tersebut membutuhkan alat mencapai tujuan dan target tersebut. Setelahnya pembelajaran sebagai sebuah proses yang perlu dilalui dan dilaksanakan secara terus-menerus.

Pembahasan buku ini menekankan perihal santri dan proses pelaksanaan pembelajaran mengenai tahfizh maupun proses pelaksanaan pembelajaran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Pembahasan pada buku ini bersifat komprehensif dalam arti menyeluruh dan begitu detail, dimulai dari identifikasi masalah, sejarah tahfizh hingga tujuan dari kurikulum tersebut. Harapannya buku ini dapat bermanfaat untuk para pengelola tahfizh agar dapat mengetahui berbagai persoalan pada bidang kurikulum dan manajemen tahfizh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *