Resensi Pengantar Manajemen

Resensi Buku Pengantar Manajemen

Sri Mulyono, dkk. 2021, Media Sains Indonesia

Aktivitas manajemen selalu ada di setiap organisasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen sebagai kemampuan dalam mengarahkan dan mengelola seluruh sumberdaya, seperti sumberdaya manusia maupun sumberdaya lain.

Dalam praktiknya manajemen tidak didasarkan hanya pada pengetahuan saja, tetapi juga melalui intuisi, keterampilan dan pengalaman. Fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian akan terus dilakukan.

Manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif, menjaga keseimbangan di antara tujuan organisasi yang bisa saling bertentangan. Pengetahuan tentang manajemen selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Sejarah perkembangan manajemen ada tiga tahapan yaitu manajemen sebelum abad ke-20, manajemen ilmiah dan manajemen modern.

Menurut Fayol dalam bisnis ada enam kegiatan pokok saling berkaitan, pertama teknis merupakan kegiatan produksi dan membuat suatu produk, meliputi perencanaan dan mengorganisir produk. Kedua komersial merupakan kegiatan membeli bahan baku yang dibutuhkan, juga menjual barang dari hasil produksi. Ketiga keuangan, merupakan kegiatan pembelanjaan yang meliputi mencari modal dan bagaimana menggunakan modal tersebut. Keempat keamanan, kegiatan yang dilakukan untuk menjaga keamanan baik keselamaan kerja dan harta benda yang dimiliki oleh perusahaan. Kelima akuntansi, kegiatan yang terdiri dari mencatat, menghitung, dan mengkalkulasi biaya yang dilaksanakan, serta menghitung dan menentukan keuntungan yang diperoleh, mengetahui hutang-hutang yang menjadi kewajiban perusahaan seperti laporan neraca keuangan, laba rugi dan data dalam bentuk statistik.

Manajemen jika dipelajari secara sistemik dan komprehensif, yang dilaksanakan secara konsisten akan lebih menjamin untuk mencapai keberhasilan karena arah tujuan dan sasarannya sudah jelas, sementara jika terjadi kegagalan dapat dilakukan evaluasi untuk dijadikan sebagai pembelajaran baik dengan perbaikan perencanaan maupun tindakan berkelanjutan. Manajemen diartikan sebagai profesi dikarenakan kegiatan manajemen tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Saat melakukan perencanaan ada hal yang perlu diperhatikan, 1.) Jangan membuat rencana terlalu optimis, 2.) Tetapkan target realistis yang dapat dicapai, 3.) Jangan meremehkan persyaratan yang harus dipenuhi, 4.) Pikirkan rencana pada tingkat tinggi sebelum berkomitmen pada kertas; tujuan, tugas utama, waktu, sumberdaya dan lain-lain, 5.) Tulis ringkasan akhir perencanaan tersebut, 6.) Pastikan nomor organisasi bertambah; kesalahan di sana dapat merusak kredibilitas organisasi, 7.) Jangan takut untuk mengubah rencana jika keadaan berubah secara radikal, tetapi cobalah untuk merencanakan perubahan.

Pengambilan keputusan adalah salah satu keterampilan yang dapat ditingkatkan secara kontinu, semakin tinggi jam terbang maka semakin familiar dirinya terhadap metode, strategi, atau teknik yang mengarah pada pengambilan keputusan yang efektif.

Buku ini ditulis oleh para ahli di bidang manajemen. Tulisan di dalamnya membahas hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, seperti pengaturan organisasi, sumberdaya manusia, kepemimpinan, pengambilan keputusan, motivasi, rekrutmen dan lain sebagainya. Membaca buku ini menjadikan kita menyadari pentingnya manajemen dalam organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *