Resensi Perspektif Pendidikan Islam

Resensi Buku berjudul, “Perspektif Pendidikan Islam: Dari Filsafat Hingga Praktik”

Tarmizi As-Shidiq, 2021, Daqu Bisnis Nusantara

Tarmizi As-Shidiq merupakan salah satu pendiri Daarul Qur’an. Beliau juga telah menulis beberapa buku seperti Belajar dari Ustadz Yusuf Mansur, Tafsir Fundraising, Daqu Story, Daqu Method dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam. Saat ini beliau merupakan Ketua STMIK Antar Bangsa.

Filsafat Islam di Indonesia dan dunia Islam akan terus berkembang seiring dengan tingkat kemajuan cara berpikir masyarakat. Di era saat ini setiap orang dapat dengan mudah memperoleh pendidikan maupun memberikan opini atau argumentasinya di halaman media sosial, walau tanpa konfirmasi ataupun kelengkapan daripada informasi. Ini merupakan kelebihan teknologi, sekaligus kekurangan karena informasi yang tidak dapat dibendung.

Dalam kajian historis, perkembangan filsafat Islam dalam Periode Klasik dan Pertengahan secara langsung mempengaruhi pola pemikiran dalam Dunia Islam termasuk di Indonesia. Tokoh-tokoh pembaharuan Islam Indonesia sangat dipengaruhi oleh pemikiran dan filsafat yang berkembangan pesat di Timur Tengah. Bahkan sejak Islam masuk ke Indonesia kehidupan masyarakat Indonesia sudah mengalami banyak perubahan. Tokoh-tokoh Islam tersebut di antaranya KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, Harun Nasution, Nurcholis Madjid, KH Abdurrahman Wahid dan lainnya.

Sejarah perkembangan filsafat ilmu tidak lepaskan dari perkembangan filsafat itu sendiri, terutama filsafat Barat. Filsafat Islam tidak dapat dipisahkan dari khazanah Islam, baik dari aspek konteks maupun sejarah perkembangan. Begitu banyak aspek yang berhubungan. Adanya sikap anti filsafat pada kalangan Islam dikarenakan mereka yang beranggapan bahwa filsafat Islam adalah jiplakan dari Yunani. Meski diakui mendapat pengaruh besar Yunani, namun filsafat Islam tentu tidak didasarkan atas filsafat Yunani.

Pendidikan sebagai upaya mengembangkan pengalaman dan menuju perubahan yang diperlukan untuk membangun individu dan masyarakat yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Individu dan masyarakat tersebut dihasilkan melalui interaksi antara pendidik dan pelajar juga interaksi sosial dengan lingkungannya. Sedangkan pendidikan Islam diartikan sebagai usaha dalam mengubah tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya atau kehidupan masyarakatnya, serta kehidupan dengan alam sekitarnya melalui proses pendidikan.  

Buku ini membahas secara detail mengenai pendidikan Islam, organisasi, serta manajemen mutu pada lembaga pendidikan Islam. Beragam tulisan dalam buku ini tidak saling terkait, tetapi tetap membahas dalam satu lingkup yaitu konteks Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *