Sekilas

Perpustakaan yang berada di perguruan tinggi sebagai pendukung perguruan tinggi tersebut dalam menjalankan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan sebagai pusat referensi yang menyediakan beragam koleksi guna menunjang kurikulum dan pembelajaran mandiri oleh sivitas akademika terutama mahasiswa. Perpustakaan perguruan tinggi merupakan suatu lembaga yang berada dibawah naungan lembaga induk yang berfungsi dan berperan di dalam menyediakan sumber-sumber informasi, layanan dan fasilitas perpustakaan, dan hal-hal lain terkait guna membangun iklim budaya akademis di lingkungan perguruan tinggi.

Institut Daarul Qur’an Jakarta diresmikan tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 116 Tahun 2020 Tentang Izin Pendirian Institut Daarul Qur’an Jakarta. Institut Daarul Qur’an Jakarta berada dibawah naungan Yayasan Daarul Qur’an Indonesia sebagai lembaga induk. Institut Daarul Qur’an Jakara beralamatkan di Jalan Cipondoh Makmur Raya, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Awal berdiri perpustakaan belum memiliki gedung terpisah, tetapi perpustakaan hanya menempati ruang kelas yang memang kala itu diperuntukkan sebagai ruang perpustakaan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa saat itu koleksi yang dimiliki perpustakaan jumlahnya masih sedikit.

Koleksi perpustakaan kini mulai mengalami pertumbuhan. Beragam jenis koleksi mulai dari buku bacaan hingga buku referensi seperti ensiklopedia, tafsir, serta beragam bidang ilmu lain seperti ilmu hadis, manajemen, bimbingan konseling, ekonomi, bisnis syariah dan pendidikan. Perpustakaan saat ini dikelola oleh seorang Staf Perpustakaan. Perpustakaan Institut Daarul Qur’an Jakarta memiliki tujuan mendukung Visi Misi Institut Daarul Qur’an Jakarta selaku lembaga induk. Kami berharap agar dapat berkembang, baik pada program maupun layanan, serta menjadi pusat referensi seluruh Program Studi dan sivitas akademika Institut Daarul Qur’an Jakarta. Kami berharap untuk membantu sivitas akademika Institut Daarul Qur’an Jakarta, terutama mahasiswa dalam memperoleh referensi yang spesifik sesuai dengan kebutuhannya.